Ketahui Cara Mengobati Penyakit Kanker Otak

Sumber: solusisehatku.com

Kanker otak memiliki jenis yang berbeda-beda. Begitu pun dengan pengobatannya. Pengobatan yang dilakukan untuk penyakit kanker otak tergantung pada beberapa hal, seperti lokasi tumbuhnya tumor, keganasan, ukuran, dan lain sebagainya. Untuk seseorang yang terserang oleh tumor yang ganas dilakukan prosedur pembedahan untuk mengangkat semua sel-sel yang ada. Dr. Zicky Yombana, Sp.S di laman hellosehat.com mengatakan bahwa kanker otak dibedakan menjadi dua jenis, yaitu berupa tumor jinak dan tumor ganas. Tumor jinak lebih mudah untuk disembuhkan, sementara tumor ganas relatif sulit untuk disembuhkan.

Penyakit kanker otak dibedakan menjadi dua jenis, yaitu sel kanker otak primer dan sel kanker otak sekunder. Kanker otak primer yaitu sel-sel kanker yang tumbuh di dalam otak, contohnya kanker otak glioblastoma. Kanker otak sekunder adalah kanker akibat dari penyebaran sel-sel kanker dari bagian tubuh lain, seperti penyebaran dari kanker payudara, kanker usus besar, kanker rahim, dan kanker lainnya. 

Pengobatan untuk kanker otak sekunder lebih efektif dengan cara kemoterapi dan radioterapi. Untuk pengobatan kanker otak primer bisa dilakukan dengan cara operasi. Operasi dilakukan dengan tujuan untuk kemungkinan dapat mengangkat sel kanker sebanyak-banyaknya. Setelah operasi bedah dilakukan, dilanjutkan dengan pengobatan dengan cara kemoterapi dan/ radioterapi. Penanganan ini sebagai upaya untuk membunuh jaringan kanker otak yang tersisa dan menghilangkan sel kanker sepenuhnya. Namun, hal ini tidak bisa dijamin berhasil karena kemungkinan sebagian sel kanker yang ganas akan tumbuh kembali setelah penanganan.

Berikut penjelasan mengenai radioterapi, kemoterapi, dan terapi target untuk upaya pengobatan kanker otak dari laman Halodoc.com.

  1. Radioterapi, metode pengobatan ini sudah umum digunakan untuk upaya menyembuhkan berbagai sel kanker. Radioterapi merupakan metode pengobatan kanker yang menggunakan radiasi yang mempunyai gelombang energi yang tinggi seperti sinar gama, sinar-X, elektron, dan proton untuk membunuh sel-sel kanker. 
  2. Kemoterapi, seperti radioterapi, kemoterapi juga salah satu pengobatan yang dilakukan untuk menyembuhkan berbagai penyakit kanker, termasuk kanker otak. Berbeda dengan radioterapi yang mengandalkan sinar dengan gelombang tinggi, kemoterapi merupakan penyembuhan penyakit kanker dengan mengandalkan zat kimia yang memiliki intensitas kuat. Kemoterapi merupakan cara yang efektif untuk penyembuhan berbagai jenis penyakit, namun pengobatan ini memeiliki risiko efek samping yang harus diwaspadai.
  3. Terapi target, selain dengan cara kemoterapi, terapi target pun menggunakan obat-obatan atau bahan kimia lain untuk mengidentifikasi secara spesifik sel-sel kanker yang tumbuh tanpa membunuh sel-sel normal disekitarnya.

Ketika setelah pengobatan kanker otak kembali tumbuh, maka penanganannya akan lebih sulit untuk disembuhkan. Sehingga pengobatan yang dilakukan bertujuan untuk mengendalikan pertumbuhan sel kanker dan memperpanjang harapan untuk hidup.

Saat sel-sel kanker otak terdeteksi tumbuh di otak Anda, maka secepatnya harus ditangani dengan serius. Karena jika sudah mencapai stadium lanjut akan sulit untuk disembuhkan, seperti selebritis Indonesia yaitu Agung Hercules yang meninggal karena menderita penyakit mematikan ini sampai stadium 4. berbagai bentuk pengobatan telah Agung jalani,dimulai dari operasi untuk pengangkatan tumor, lalu kemoterapi, radiasi, dan bahkan sampai pengobatan alternatif. 

 Memang, tidak banyak yang dapat sembuh dari penyakit kanker otak. Namun, segala sesuatu bisa diusahakan. Jangan menyerah dan putus asa ketika Anda didiagnosis mengidap kanker otak. Segera mengambil tindakan untuk penyembuhan dengan berbagai cara yang dapat membunuh sel-sel abnormal tersebut karena segala bentuk penanganan diciptakan untuk upaya membunuh sel-sel kanker yang tumbuh. 

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>